Selamat Datang di Bordir

"Bordir" adalah penyedia layanan informasi motif - motif desain, mengeksplorasi motif desain untuk berbagai macam produk tekstil dan fashion, mencari solusi pengaturan komposisi dan kombinasi struktur desain, materi desain, interprestasi desain serta membuka cara pandang inovasi - praktis, dan berkesenian.

Kami memberikan izin untuk menggunakan semua gambar gratis guna keperluan produksi dalam usaha Anda, diterapkan pada real produk baik itu gambar graphis, pola, atau jahitan pada semua jenis pakaian.

Akan tetapi melarang keras untuk mempublikasikan ulang dalam bentuk gambar asli.


Konveksi Pakaian Seragam Sekolah

Kumpulan Motif Bordir Bunga Kecil

Tips dan Trik menghemat benang untuk jahitan motif bordir

Tips dan Trik menghemat benang untuk jahitan motif bordir
Tips dan Trik menghemat benang untuk jahitan motif bordir
Gambar diatas adalah contoh bagaimana cara menghemat benang jahit untuk motif bordir. Jika kita perhatikan dengan seksama antara gambar "A" dan "B" banyak sekali perbedaan yang kita lihat, karena gambar "B" adalah hasil dari pengurangan supaya benang yang akan digunakan untuk jahitan bordir tidak terlalu banyak.


Sering kita melihat jahitan motif bordir dengan porsi penggunaan benang yang banyak seperti pada contoh gambar "A"  seluruh bagian motif tertutup oleh jahitan benang, memang bukanlah suatu kesalahan jika kita membuat motif bordir dengan cara seperti itu, namun kalau ternyata memang ada cara yang lebih hemat, praktis dan cepat, tidak ada salahnya tips seperti diatas kita coba juga.

Pada dasarnya tampilan dari motif bordir yang sudah kita sederhanakan diatas ("B") bukan hanya akibat hasil dari efisiensi saja, akan tetapi motif bordir tersebut sudah termasuk kedalam salah satu jenis teknik membuat suatu gambar motif yang juga sering digunakan untuk membuat design textile. Nama teknik untuk design ini adalah biasa dinamakan Sanderson atau kalau untuk motif bunga sering juga dinamakan bunga Sanderson,.

Teknik dan cara kerja seperti ini sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak waktu, karena teknik ini memiliki kesinambungan antara satu motif dengan motif yang lain, namun sebelum membuatnya diperlukan konsep untuk mengetahui keseimbangan antara anatomi bunga, konstruksi motif, komposisi motif secara keseluruhan dan juga sudut pencahayaan. 

Unyuk contoh design "B" perhatikan pada bagian kelopak motif bunga warna merah yang berada diatas daun, sebagian tepian kelopak ada yang masih berwarna putih dan itu dapat terbentuk karena adanya warna yang dibuat untuk daun hijau dibawahnya. Kemudian perhatikan juga sudut pencahayaan yang terlihat pada bagian batang atau tangkai motif bunga, tidak semua bagian tersebut harus diberikan warna atau jahitan benang, karena ternyata dengan melakukan tips dan trik seperti ini satu kombinasi motif masih dapat kita rancang dengan perhitungan waktu dan biaya menjadi lebih hemat.

0 Response to "Tips dan Trik menghemat benang untuk jahitan motif bordir"

Chat With Us

Bergabunglah Bersama Kami

wdcfawqafwef